Selasa, 16 Februari 2010

Ada Apa Aja di Pekom 2010?



Seputar Pekom 2010
Pekan Komunikasi (Pekom) 2010 merupakan sebuah rangkaian acara yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia. Sesuai dengan namanya, acara ini mengangkat isu-isu seputar topic hanga yang terjadi di dunia komunikasi baik itu dalam bidang jurnalistik, periklanan, kehuma
san, hingga kajian media.

Di tahun 2010 ini, Pekom mengangkat tema besar “Communicate Globally, Communicate Creatively” yang intinya membahas seputar efek globalisasi kepada bidang-bidang komunikasi. Tema besar tersebut, kemudian akan dikerucutkan ke dalam sub-sub tema yang sesuai dengan isu terhangat yang terjadi di bidang Kajian Media, Jurnalistik, Periklanan, dan Kehumasan.

Selama empat hari, mulai tanggal 29 Maret – 1 April, acara Pekom akan dikerucutkan ke dalam acara Media Studies Day, Advertising Day, Journalism Day, PR Day, dan ditutup oleh sebuah seremoni malam penganugerahan yang dikemas secara menarik dalam CommWeekend.

Media Studies Day (Movie Mondo)

Media studies day yang digarap oleh para mahasiswa jurusan Komunikasi Media ini mengangkat film sebagai bidang kajiannya. Oleh karena itu pula, acara Media Studies Day ini kemudian disebut dengan Movie Mondo.

Movie Mondo akan disesaki dengan pemutaran film hasi
l kerja sama dengan kedutaan-kedutaan besar asing serta komunitas film yang disertai dengan diskusi bersama praktisi film, pengamat film, dan juga pakar komunikasi. Untuk tema film yang diangkat kali ini adalah tentang “Minorities On Screen”. Pemutaran film berlangsung selama tiga hari dari tanggal 29 Maret – 31 Maret. Sementara diskusi akan dilaksanakan pada 29 Maret 2010.


Advertising Day (CreADtive)

Advertising day di dalam Pekan Komunikasi disebut dengan CreADtive. Sesuai dengan namanya, acara CreADtive ini memang diselimuti dengan semangat untuk menyalurkan kreativitas mahasiswa komunikasi dalam mengembangkan ide untuk dituangkan ke dalam suatu bentuk kampannye periklanan.


CreADtive akan mengadakan Seminar gratis yang ditujukan untuk umum dengan pembicara dari para prakti
si periklanan, pengamat periklanan, hingga para young guns industry kreatif yang berhasil berprestasi di kancah internasional. Seminar akan dibagi ke dalam dua sesi yang masing-masing mengangkat teman tentang The Existancy of Local Agency” yang membedah seberapa jauh peranan agensi local ditengah terpaan agensi multinasional dan “We Got The Talent” di sesi kedua yang ditujukan untuk memberikan semangat dan inspirasi kepada generasi mudah untuk dapat berkarya di kancah internasional.

Seminar iklan akan dilangsungkan p
ada tanggal 30 Maret 2010.

Selain seminar, acara advertising day ini juga akan menggelar kompetisi periklanan untuk memperebutkan CreADtive Award. Dengan tema “Lebih Vokal dengan Produk Lokal”, kompetisi akan diikuti oleh para mahasiswa se-Pulau Jawa.



Journalism Day (Reportrait)

Journalism day ini kemudian disebut dengan Reportrait. Jika ditelisik dari namanya, Reportrait sebenarnya memiliki dua unsur yang begitu erat terkait dengan kegiatan jurnalistisk, yakni Report (melaporkan) dan Potrait (gambar). Kedua hal tersebut memang menjadi elemen penting dalam kegiatan Journalism day ini.

Elemen ‘Report’ akan coba disajikan dalam sebuah paket yang mebahas secara dalam tentang seminar dan workshop Citizen Jo
urnalism. Di sesi pertama, seminar mengangkat tema tentang awal mula munculnya Citizen Journalism hingga pengaruh yang ditimbulkannya dalam sesi yang bertajuk “From People To People”. Setalah itu dilanjutkan, dengan mini workshop yang bertajuk “We Are The Media” dengan mendatangkan pakar dari organisasi jurnalisme warga serta praktisi. Seminar dan workshop ini akan berlangsung pada tanggal 31 Maret 2010.

Elemen ‘Potrait’ ditampilkan lewat karya lomba Fotografi tingkat pelajar dan Mahasiswa yang mengangkat tema “East Meet West”. Hasil karya foto ini kemudian akan dipamerkan selama acara Pekan Komunikasi berlangsung.


Public Relation Day (PR Vaganza)

PR Vaganza kali ini akan menggelar seminar sehari bersama para praktisi humas dan akademisi, tanpa dipungut biaya. Acara ini akan berlangsung pada Kamis, 1 April 2010.

Seminar akan dibagi ke dalam dua sesi, yakni yang pertama mengangkat tentang “PR 2.0: A New Challenge for The Future PR” yang mengkupas habis seputar bentuk praktek humas dengan media baru ini dan sesi kedua akan mengangkat topik “Marketing Public Relations : Communicate Your Brand in Creative Way”.


CommWeekend

Rangkaian acara Pekan Komunikasi yang berlangsung selama empat hari dari tanggal 29 Maret – 1 April 2010 akan ditutup oleh sebuah acara penganugerahan ”CommWeekend”.

CommWeekend tidak hanya merupakan sebuah malam penganegerahan bagi para pemenang kategori lomba yang diperebutkan dalam Pekan Komunikasi, tetapi juga merupakan suatu bentuk pentas kesenian hasil karya mahasiswa Komunikasi dan FISIP UI. Pementasan tari, musik, hingga atraksi menarik lainnya akan ditampilkan dalam sajian setngah hari mulai dari sore hingga malam hari. Jangan sampai kelew
atan! Gratis!!

Hari/Tanggal : Kamis, 1 April 2010

Tempat : Lapangan parkir FISIP UI

Waktu : 15.00 – selesai

Acara :

1. Awarding Nite

2. Comm Booth (pameran karya-karya di bidang komunikasi, baik dari peserta lomba maupun dari mahasiswa Komunikasi UI)

3. Bazaar
4. Music and Art Performances


Tidak ada komentar:

Posting Komentar