Advertising Day
SEMINAR, WORKSHOP, AND COMPETITION
Hari kedua Pekan Komunikasi memasuki Advertising day, CreADtive. Sesuai dengan namanya, acara CreADtive ini memang diselimuti dengan semangat untuk menyalurkan kreativitas mahasiswa -mahasiswi se-Pulau Jawa dalam mengembangkan ide untuk dituangkan ke dalam suatu bentuk kampannye periklanan.
CreADtive akan mengadakan Seminar gratis yang ditujukan untuk umum dengan pembicara dari para praktisi periklanan, pengamat periklanan, hingga para young guns industri kreatif yang berhasil berprestasi di kancah internasional.
Seminar akan dibagi ke dalam dua sesi yang masing-masing mengangkat tema tentang “Yang Lokal, Yang Digital” yang membedah bagaimana strategi marketing di dunia digital dan “We Got The Talent” di sesi kedua yang ditujukan untuk memberikan semangat dan inspirasi kepada generasi muda untuk dapat berkarya di kancah internasional dengan mendatangkan praktisi periklanan yang berprestasi di mancanegara.
Selain seminar, acara advertising day ini juga akan menggelar kompetisi periklanan untuk memperebutkan CreADtive Award. Dengan tema “Lebih Vokal dengan Produk Lokal”, kompetisi akan diikuti oleh para mahasiswa se-Pulau Jawa.
Seminar
Hari/tanggal : Selasa, 30 Maret 2010
Tempat : Aula Gedung Komunikasi, FISIP UI
CreADtive akan mengadakan Seminar gratis yang ditujukan untuk umum dengan pembicara dari para praktisi periklanan, pengamat periklanan, hingga para young guns industri kreatif yang berhasil berprestasi di kancah internasional.
Seminar akan dibagi ke dalam dua sesi yang masing-masing mengangkat tema tentang “Yang Lokal, Yang Digital” yang membedah bagaimana strategi marketing di dunia digital dan “We Got The Talent” di sesi kedua yang ditujukan untuk memberikan semangat dan inspirasi kepada generasi muda untuk dapat berkarya di kancah internasional dengan mendatangkan praktisi periklanan yang berprestasi di mancanegara.
Selain seminar, acara advertising day ini juga akan menggelar kompetisi periklanan untuk memperebutkan CreADtive Award. Dengan tema “Lebih Vokal dengan Produk Lokal”, kompetisi akan diikuti oleh para mahasiswa se-Pulau Jawa.
Seminar
Hari/tanggal : Selasa, 30 Maret 2010
Tempat : Aula Gedung Komunikasi, FISIP UI
Waktu : Pk. 13.00 - 17.30
Pembicara
1. Ismet (Creadtive Director Satu Citra)
2. Iyo (Narrada Communication)
3. Ricky Pesik (Satu Citra)
4. Lulut Asmoro (JWT)
5. Nurman
Seminar GRATIS. Terbuka untuk umum.
Contact
Kibo (0819-08296060)
pekankomunikasiui@gmail.com
twitter: @pekom2010
Globalisasi, sebuah kata yang tidak asing di telinga kita para generasi muda dan kalangan terpelajar. Tidak dapat dipungkiri bahwa justru kalangan yang paling mengerti tentang globalisasi inilah yang juga menjadi sasaran utama dari terpaan globalisasi itu sendiri. Coba saja buktikan, siapa yang paling dulu tahu dan paling cepat mengadopsi segala bentuk teknologi, fashion, film, lagu, social networking dan semua perkembangan dari luar? Anda, saya dan teman-teman kitalah yang paling peduli akan hal-hal baru yang berasal dari luar dan bersifat global.
Tentunya hal tersebut bukanlah sesuatu yang salah. Kita sebagai generasi muda yang highly adopter, memiliki peran yang besar dalam memajukan bangsa ini. Namun sebagai generasi yang disebut-sebut sebagai pewaris bangsa, alangkah baiknya jika kita turut berkontribusi pada perkembangan produk lokal sejak dini. Tidak harus yang sifatnya makro, tapi melalui hal-hal kecilpun kita bisa memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan bangsa ini.
Di tengah menjamurnya produk asing, seringkali produk lokal kurang mendapatkan tempat di hati mayoritas konsumen Indonesia. Terlebih lagi dengan kita, generasi muda penerus bangsa yang menjadikan produk asing sebagai simbol tren dan prestise. Sangat disayangkan bahwa kenyataannya, produk lokal sebenarnya tidak kalah kualitasnya dengan produk asing.
Bicara tentang produk lokal, tentu mengandung konteks yang luas. Maka dari itu, kita harus jeli dalam menganalisa produk lokal apa yang dapat eksis di kalangan generasi muda. Pertanyaannya adalah, bagaimana mengkomunikasikan kepada kalangan tersebut bahwa produk lokal tidak melulu bicara tentang sesuatu yang sifatnya "kampungan" atau "nggak gaul" atau bahkan kurang berkelas? Bagaimana kita para generasi muda dapat mengajak mereka sesama generasi muda untuk mulai menggunakan produk lokal? Apa yang dapat mengubah pola pikir mereka bahwa produk lokal juga mampu menjadi simbol tren dan prestise? Komunikasi seperti apa yang dapat membuat produk lokal memiliki tempat di hati anak muda masa kini?
Inilah tantangan bagi kita generasi muda untuk dapat membangkitkan minat penggunaan produk lokal. Mari kita tunjukkan, kita bisa lebih vokal dengan produk lokal!
Target audience:
- Generasi muda 16 - 20 tahun, urban.
- berpendidikan, highly adopter, peka akan informasi dan media.
Kategori :
1. Print Ad
2. Ambience Media
3. Radio
*pencantuman mandatory di dalam iklan yang dibuat tidak diwajibkan. Namun, apabila ingin menggunakan mandatory harus dengan menggunakan nama Pekan Komunikasi UI 2010 plus pencantuman logonya. Hal ini tidak mempengaruhi penilaian juri*
Logo pekan komunikasi bisa didownload disini.
Ketentuan:
1. Terbuka untuk pelajar, mahasiswa/i se-Pulau Jawa
2. Satu tim terdiri dari 2 (dua) orang dari Institusi Pendidikan yang sama
3. Satu Institusi Pendidikan dapat mengirimkan lebih dari satu tim
4. Karya, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika periklanan
5. Jika ditemukan bukti pelanggaran ketentuan di atas, karya cipta merupakan tiruan/jiplakan, karya akan dianulir dan/atau dibata
6. Setiap karya hanya boleh dimasukkan dalam salah satu kategori tidak boleh didaftarkan lebih dari 1 kategori
7. Ketentuan pengumpulan karya cipta
Print AD : ukuran A3, dimounting hitam
Radio : durasi 60 detik, peserta diminta mengirimkan naskah/radio script beserta dummy eksekusi iklan. Kualitas rekaman tidak dipermasalahkan.
Ambience Media : konsep dan desain
* Setiap karya cipta dilengkapi gambaran singkat *
*
8. Karya dikirim dengan amplop coklat yang berisi: karya, softcopy cd, bukti transfer, formulir pendaftaran & fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku, ke alamat:
PANITIA PEKAN KOMUNIKASI 2010
d/a Program S1 Reguler Ilmu Komunikasi
Gedung B Lantai 2
FISIP
Kampus UI Depok 16424
9. Di pojok kiri atas amplop cantumkan tulisan “Lomba Iklan CreADtive Award Pekan Komunikasi 2010”
Download formulir pendaftaran CreADtive disini atau disini juga bisa.
Biaya Pendaftaran
Print AD Rp 25.000/entry
Ambient Rp 25.000/entry
Iklan Radio Rp 25.000/entry
Dikirimkan ke Nomor Rekening:
BNI cab. UI Depok no rek. 0125745590 : Melliana Dwi Utami BRI KCP Universitas Indonesia no rek. 0672-01-000113-53-9 : Melliana Dwi Utami
Juri:
1. Didit Indra (Executive Creative Director BBDO Indonesia)
2. Glenn Alexander (Creative Director Leo Burnett Indonesia)
3. Glenn Marsalim (Freelancer)
4. Mamung (Radio Clinic)
Deadline : 24 Maret 2010
Hadiah
Juara I : trophy+uang tunai Rp 3.000.000,-
Juara II : tophy+uang tunai Rp 2.000.000,-
Juara III : trophy+uang tunai Rp 1.000.000,-
*6 tim terbaik hasil seleksi awal ini akan menjadi finalis untuk memperebutkan peringkat 1, 2, dan 3 serta berhak mengikuti karantina di Kampus FISIP UI Depok selama 4 hari dan mendapatkan workshop dari praktisi periklanan*
Contact person:
Bella 08983797470
Fiekha 08568132355
Email: pekankomunikasiui@gmail.com
More updated info on:
Twitter : @pekom2010
Fanpage FB: Pekan Komunikasi
________________________________________________
CreADtive Award
LOMBA IKLAN MAHASISWA SE-PULAU JAWA
TEMA:
“Lebih Vokal dengan Produk Lokal”
Globalisasi, sebuah kata yang tidak asing di telinga kita para generasi muda dan kalangan terpelajar. Tidak dapat dipungkiri bahwa justru kalangan yang paling mengerti tentang globalisasi inilah yang juga menjadi sasaran utama dari terpaan globalisasi itu sendiri. Coba saja buktikan, siapa yang paling dulu tahu dan paling cepat mengadopsi segala bentuk teknologi, fashion, film, lagu, social networking dan semua perkembangan dari luar? Anda, saya dan teman-teman kitalah yang paling peduli akan hal-hal baru yang berasal dari luar dan bersifat global.
Tentunya hal tersebut bukanlah sesuatu yang salah. Kita sebagai generasi muda yang highly adopter, memiliki peran yang besar dalam memajukan bangsa ini. Namun sebagai generasi yang disebut-sebut sebagai pewaris bangsa, alangkah baiknya jika kita turut berkontribusi pada perkembangan produk lokal sejak dini. Tidak harus yang sifatnya makro, tapi melalui hal-hal kecilpun kita bisa memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan bangsa ini.
Di tengah menjamurnya produk asing, seringkali produk lokal kurang mendapatkan tempat di hati mayoritas konsumen Indonesia. Terlebih lagi dengan kita, generasi muda penerus bangsa yang menjadikan produk asing sebagai simbol tren dan prestise. Sangat disayangkan bahwa kenyataannya, produk lokal sebenarnya tidak kalah kualitasnya dengan produk asing.
Bicara tentang produk lokal, tentu mengandung konteks yang luas. Maka dari itu, kita harus jeli dalam menganalisa produk lokal apa yang dapat eksis di kalangan generasi muda. Pertanyaannya adalah, bagaimana mengkomunikasikan kepada kalangan tersebut bahwa produk lokal tidak melulu bicara tentang sesuatu yang sifatnya "kampungan" atau "nggak gaul" atau bahkan kurang berkelas? Bagaimana kita para generasi muda dapat mengajak mereka sesama generasi muda untuk mulai menggunakan produk lokal? Apa yang dapat mengubah pola pikir mereka bahwa produk lokal juga mampu menjadi simbol tren dan prestise? Komunikasi seperti apa yang dapat membuat produk lokal memiliki tempat di hati anak muda masa kini?
Inilah tantangan bagi kita generasi muda untuk dapat membangkitkan minat penggunaan produk lokal. Mari kita tunjukkan, kita bisa lebih vokal dengan produk lokal!
Target audience:
- Generasi muda 16 - 20 tahun, urban.
- berpendidikan, highly adopter, peka akan informasi dan media.
Kategori :
1. Print Ad
2. Ambience Media
3. Radio
*pencantuman mandatory di dalam iklan yang dibuat tidak diwajibkan. Namun, apabila ingin menggunakan mandatory harus dengan menggunakan nama Pekan Komunikasi UI 2010 plus pencantuman logonya. Hal ini tidak mempengaruhi penilaian juri*
Logo pekan komunikasi bisa didownload disini.
Ketentuan:
1. Terbuka untuk pelajar, mahasiswa/i se-Pulau Jawa
2. Satu tim terdiri dari 2 (dua) orang dari Institusi Pendidikan yang sama
3. Satu Institusi Pendidikan dapat mengirimkan lebih dari satu tim
4. Karya, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika periklanan
5. Jika ditemukan bukti pelanggaran ketentuan di atas, karya cipta merupakan tiruan/jiplakan, karya akan dianulir dan/atau dibata
6. Setiap karya hanya boleh dimasukkan dalam salah satu kategori tidak boleh didaftarkan lebih dari 1 kategori
7. Ketentuan pengumpulan karya cipta
Print AD : ukuran A3, dimounting hitam
Radio : durasi 60 detik, peserta diminta mengirimkan naskah/radio script beserta dummy eksekusi iklan. Kualitas rekaman tidak dipermasalahkan.
Ambience Media : konsep dan desain
* Setiap karya cipta dilengkapi gambaran singkat *
*
8. Karya dikirim dengan amplop coklat yang berisi: karya, softcopy cd, bukti transfer, formulir pendaftaran & fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku, ke alamat:
PANITIA PEKAN KOMUNIKASI 2010
d/a Program S1 Reguler Ilmu Komunikasi
Gedung B Lantai 2
FISIP
Kampus UI Depok 16424
9. Di pojok kiri atas amplop cantumkan tulisan “Lomba Iklan CreADtive Award Pekan Komunikasi 2010”
Download formulir pendaftaran CreADtive disini atau disini juga bisa.
Biaya Pendaftaran
Print AD Rp 25.000/entry
Ambient Rp 25.000/entry
Iklan Radio Rp 25.000/entry
Dikirimkan ke Nomor Rekening:
BNI cab. UI Depok no rek. 0125745590 : Melliana Dwi Utami BRI KCP Universitas Indonesia no rek. 0672-01-000113-53-9 : Melliana Dwi Utami
Juri:
1. Didit Indra (Executive Creative Director BBDO Indonesia)
2. Glenn Alexander (Creative Director Leo Burnett Indonesia)
3. Glenn Marsalim (Freelancer)
4. Mamung (Radio Clinic)
Deadline : 24 Maret 2010
Hadiah
Juara I : trophy+uang tunai Rp 3.000.000,-
Juara II : tophy+uang tunai Rp 2.000.000,-
Juara III : trophy+uang tunai Rp 1.000.000,-
*6 tim terbaik hasil seleksi awal ini akan menjadi finalis untuk memperebutkan peringkat 1, 2, dan 3 serta berhak mengikuti karantina di Kampus FISIP UI Depok selama 4 hari dan mendapatkan workshop dari praktisi periklanan*
Contact person:
Bella 08983797470
Fiekha 08568132355
Email: pekankomunikasiui@gmail.com
More updated info on:
Twitter : @pekom2010
Fanpage FB: Pekan Komunikasi